7 Tips Menata Kelas agar Nyaman Dipakai untuk Belajar Mengajar

Ruang kelas merupakan salah satu ruangan yang wajib ditata dengan baik agar suasana di dalamnya terasa nyaman. Dengan ruangan yang kondusif tersebut, maka para murid pun dapat belajar secara optimal. Tentunya ini merupakan kenyataan yang sangat menggembirakan sebab kita bisa membuat mood belajar siswa-siswi meningkat hanya dengan menata interior kelas. Begitu pula dengan mood mengajar para guru dapat ditingkatkan melalui upaya mendesain kembali ruangan kelas.

Kami memberi beberapa rekomendasi bagi Anda untuk dapat menata kelas dengan baik supaya ruangannya terasa semakin nyaman ketika digunakan untuk belajar!

tips menata kelas

Pengaturan Tempat Duduk yang Rapi

Kerapian akan sangat mendukung terciptanya suasana yang nyaman. Kami sendiri tak mengharuskan Anda untuk mengatur meja dan kursi siswa dengan model lurus ataupun konvensional. Rapi itu tidak selalu harus tegak lurus kok. Jika ukuran ruangannya memungkinkan, Anda bisa membuat pola kursi lain yang jauh lebih kreatif. Contohnya yaitu model lingkaran, setengah lingkaran, zig-zag, dan model yang tak berbeda lainnya. Anda bisa mencoba melakukan penggantian secara berkala ya.

Selalu Jaga Kebersihan Kaca Jendela

Walaupun kelihatannya sepele, tetapi kebersihan kaca jendela itu penting sekali loh. Jendela ini tak hanya berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara saja, tapi juga membuka batas ruangan yang ada. Hal ini bisa memberikan manfaat yang positif ke dalam alam bawah sadar, terutama bagi para siswa. Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan kaca jendela ini supaya suasana ruangan kelas terasa menyenangkan. Jadi mulai dari sekarang berikan perhatian yang lebih pada jendela kelas.

menata ruang kelas

Buat Dinding Tampak Lebih Menarik

Jangan pernah membiarkan dinding kelas kosong melompong begitu saja. Itu sudah kuno banget loh kalau dinding tersebut tak dihias. Kenyataannya, dinding merupakan bidang terluas yang ada dalam kelas. Jadi Anda harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Caranya tentu melalui kreasi yang bisa dilakukan dengan sesuka hati. Kami sarankan untuk melibatkan para siswa dalam mendekorasi area dinding tersebut sehingga hasilnya nanti bakalan bisa dinikmati dan berguna bagi semua.

Kebersihan Lantai itu Sangat Penting

Apa bagian dari ruang kelas yang mudah sekali kotor? Jawabannya tentu saja adalah lantai. Karena umumnya para murid akan tetap mengenakan sepatunya saat memasuki kelas, maka lantai ruangan pun menjadi cepat kotor. Terutama partikel-partikel tanah akan ikut terbawa masuk ke dalam kelas sehingga membuat ruangan menjadi tidak sedap dilihat dan tak ubahnya seperti sarang bakteri. Jadi membersihkan lantai kelas merupakan pekerjaan yang mutlak dilakukan setiap hari.

menata kelas di sekolah

Perhatikanlah Meja dan Kursi Guru Ya

Jangan lupakan pengalaman para guru saat mengajar di dalam kelas ya. Kalau guru merasa bahagia, maka dia pun akan merasa senang ketika menjalankan aktivitasnya. Hal ini tentunya akan memberi manfaat yang baik bagi kegiatan belajar murid-murid. Silakan Anda bisa memulai dengan mengganti taplak meja, lalu lengkapi dengan peralatan mengajar yang memadai. Hiasilah meja tersebut dengan tanaman bunga atau vas berisi bunga plastik, rangkaian kata-kata menarik, dan rak yang bisa dipakai oleh guru yang sedang mengajar.

Lengkapi Menggunakan Alat Pendukung

Untuk menciptakan nuansa kelas yang modern, maka kami menyarankan Anda untuk menggunakan semua alat pendukung yang dibutuhkan oleh para siswa dalam belajar. Di samping peralatan ini akan membantu siswa dalam belajar, keberadaannya pun bakalan membuat penampilan ruangan kelas ini akan kelihatan begitu unik dan menarik. Anda bisa memanfaatkan uang kas yang tersedia untuk bisa membeli barang-barang peralatan pendukung tersebut.

pengaturan tempat duduk ruang rapat

Jangan Biarkan Tampak Membosankan

Salah satu faktor utama dalam mendesain ruang kelas yaitu Anda tidak boleh membiarkan suasana maupun penampilan ruangan tersebut menjadi membosankan. Ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh ruangan kelas yang nyaman. Gunakanlah berbagi ide kreatif untuk menghapus kesan yang membosankan tersebut. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Anda harus mengambil suara semua siswa penghuni kelas dan jangan pernah sekali pun meremehkan pendapat yang ada.