7 Siasat Ibu Pintar Mengakali Dekorasi Dapur yang Mungil

Menata dapur mungil memang penuh dengan tantangan. Anda tidak hanya dituntut untuk menciptakan dapur yang rapi dan bersih saja, tapi juga harus menjaganya agar tetap terlihat luas. Selain itu, penataan dapur mungil juga perlu mempertahankan fungsi utama dan kenyamanan dari ruang memasak ini. Anda harus memastikan dapur tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bagaimanapun juga dapur ini adalah ruang untuk memasak makanan. Sedangkan fungsi-fungsi yang lainnya sekadar merupakan fungsi tambahan saja. Dari sinilah kita akan menata dapur mungil tersebut agar terasa nyaman.

Dapur memang menjadi salah satu ruangan yang sangat penting di rumah. Di sini Anda sekeluarga dapat mengolah berbagai bahan makanan yang masih mentah menjadi hidangan matang yang lezat dan layak untuk dinikmati bersama-sama. Untuk mendukung fungsi dari dapur tersebut, dan juga desain di dalam ruangan ini, Anda perlu menata dekorasinya dengan baik. Sehingga Anda bisa merasa nyaman pada saat bekerja di dalam dapur tadi. Walau dapur yang Anda miliki berukuran mungil, Anda tetap harus menata ruangan ini sebaik-baiknya. Sehingga ruangan ini pun dapat berfungsi secara optimal.

dapur mungil yang menarik

Menata dapur yang berukuran mungil memang menantang sekali. Di sini Anda dituntut untuk membuat dapur yang memiliki suasana yang nyaman serta jauh dari kesan sesak dan penuh, meski pada dasarnya dapur tersebut memang ukurannya kecil. Nah, ketujuh tips di bawah ini dapat membantu Anda dalam mewujudkan dapur mungil yang sesuai impian.

Jagalah Kebersihan Ruangan di Dalam Dapur

dapur mungil agar luas

Jagalah kerapian di dapur. Pastikan semua benda di sini mempunyai tempatnya masing-masing. Dengan demikian, tidak ada perabotan yang mengotori ruangan serta Anda pun lebih mudah menemukan suatu benda yang disimpan di dalam dapur. Anda harus memastikan aturan meletakkan barang-barang di sini terlaksana dengan baik sehingga kebersihan dapur secara otomatis akan terjaga. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan wadah yang jelas sebagai tempat untuk meletakkan masing-masing barang. Jangan ragu untuk memanfaatkan bidang vertikal yang ada pada dinding ruangan.

Manfaatkan Peralatan Dapur Sebagai Aksen

desain dapur mungil

Apabila Anda ingin memiliki lemari kabinet, biarkanlah isi lemari tersebut bisa terlihat dari luar. Caranya, Anda bisa menggunakan kitchen set yang berbahan kaca. Dengan demikian, peralatan dapur yang Anda simpan di dalam kabinet tersebut akan terlihat jelas dari luar sehingga menjadi pajangan ruangan yang sungguh indah. Hal ini dimaksudkan agar lemari yang berukuran besar ini tidak menghalangi pandangan, melainkan dapat menyatu dengan semua bagian dapur lainnya. Anda harus memanfaatkan dengan baik semua benda yang berada di dalam dapur yang berukuran mungil ini.

Pilihlah Peralatan Dapur yang Berwarna Putih

dapur mungil yang cantik

Anda bisa membuat keberadaan piring seolah tidak ada atau menjadi samar dengan cara menggunakan piring yang berwarna putih di dapur yang juga berwarna putih. Piring yang biasanya tampak menumpuk penuh sekilas akan menjadi hilang karena nuansanya seolah bergabung dengan dinding dapur yang juga mempunyai warna yang sama-sama putih. Warna putih memang mampu bekerja dengan sangat baik di ruangan apapun yang berukuran mungil. Warna ini tidak cuma membuat ruangan nampak lebih luas dan lapang, tetapi juga mampu menghadirkan kesan elegan, modern, dan berkelas di dalam dapur.

Gunakan Peralatan Sesuai Jumlah Keluarga

mengatur dapur mungil

Untuk ukuran dapur di dalam sebuah rumah, Anda tidak perlu menaruh peralatan dapur yang berjumlah banyak. Rekomendasi kami di sini adalah Anda cukup menyesuaikan antara jumlah peralatan dapur yang disimpan di dapur tersebut dengan jumlah penghuni rumah. Anda harus membatasi peralatan yang akan dimasukkan ke dalam dapur ini. Sehingga dapur pun tidak terlihat seperti gudang penyimpang barang pecah belah yang penuh dan sesak. Hal ini pun akan bermanfaat positif pada kemudahan Anda dalam merawat semua peralatan ini. Anda bakal lebih mudah dalam membersihkan dan menatanya.

Pastikan Dapur Ini Dilengkapi Ventilasi Udara

dekorasi dapur mungil

Meskipun ukurannya mungil, pastikan dapur di rumah Anda memiliki ventilasi udara yang baik, terutama yaitu ventilasi sebagai jalur masuknya sinar matahari. Hal ini berfungsi agar dapur tetap sehat dan tidak lembab. Sebab bagaimanapun dapur mungil biasanya paling rentan mengalami kelembaban yang terlalu tinggi. Pada malam hari, terangilah dapur Anda dengan lampu bercahaya putih untuk menjaganya tetap terlihat luas. Lampu ini benar-benar mampu bekerja dengan baik di ruangan yang ukurannya kecil. Anda bisa memasang beberapa lampu untuk menciptakan pencahayaan yang lebih dinamis.

Jadikan Counter Top Sebagai Focal Point Dapur

tips dapur mungil

Berikanlah perhatian yang lebih pada permukaan meja dapur, terutama pada area counter top. Pastikan bagian counter top ini mendapatkan pencahayaan yang terang agar kegiatan masak-memasak berjalan dengan aman dan menyenangkan. Begitu pula dalam mengatur desain dapur yang sempit, Anda dapat menjadikan counter top tersebut sebagai focal point alias titik fokus dari dapur. Biarkanlah setiap mata orang yang memasuki dapur langsung tertuju pada bidang counter top ini. Oleh karena itu, Anda harus menata area ini sebaik-baiknya. Pakailah material berkualitas tinggi sebagai pembentuknya.

Perabotan Berukuran Kecil Tetap yang Terbaik

menata dapur mungil

Untuk dapur berukuran kecil, sebaiknya Anda menggunakan furnitur-furnitur dengan ukuran yang kecil pula. Lebih baik lagi jika furnitur tersebut bersifat multifungsi, sehingga jumlahnya bisa ditekan. Maksud furnitur multifungsi atau serbaguna adalah funitur yang mempunyai fungsi/kegunaan yang banyak. Jadi setiap furnitur tersebut memiliki lebih dari satu fungsi. Contohnya, Anda bisa menggunakan rak dinding yang dapat berfungsi sebagai rak piring sekaligus tempat untuk menaruh peralatan memasak. Sehingga Anda pun bisa membatasi jumlah furnitur yang dimasukkan ke ruangan ini agar tetap lega.