5 Cara Menyiasati Ruang Tamu yang Terlalu Luas

Perlu Anda ketahui, untuk mendesain ruang tamu berukuran luas, Anda membutuhkan teknik tersendiri. Jangan heran kalau beberapa tips yang pernah kami utarakan justru tidak berguna lagi di sini. Khususnya trik untuk membuat ruangan yang kecil supaya terlihat lebih luas dari ukuran yang sebenarnya. Hal ini karena pada ruang tamu yang luas, tujuan utama pengolahan desain adalah untuk menciptakan suasana ruangan yang tetap nyaman, saling terhubung, dan tidak terlalu besar. Ruangan ini tidak membutuhkan trik manipulasi lagi karena ukurannya memang sudah besar sih.

Kenyataannya memang mendesain ruangan yang ukurannya terlalu besar itu justru membutuhkan lebih banyak ide. Sebab di sini Anda harus dapat memaksimalkan penggunaan setiap ruangan sebaik mungkin. Biasanya sih ruang tamu berukuran besar yang tidak didesain dengan baik akan terasa hampa. Ruangan tadi terlalu hening akibat ada salah satu sudut ruangan yang kosong. Anda tentu tak boleh membiarkan masalah tersebut terjadi. Lakukan proses mendekorasi ruang tamu ini dengan sebaik-baiknya ya. Jangan sampai deh Anda membiarkan dengan percuma bidang tersebut.

mengatur ruang tamu luas

Paling tidak, terdapat 5 pekerjaan utama yang harus Anda kerjakan dengan baik dalam mendesain ruang tamu yang ukurannya begitu besar. Silakan Anda dapat mencoba mengaplikasikannya sendiri kiat-kiat di bawah ini untuk membuat ruang tamu di rumah Anda nampak bergaya dan terasa begitu nyaman.

Pewarnaan Dinding

desain ruang tamu luas

Warna cat dinding yang cerah dapat menciptakan suasana ruangan yang lebih luas. Begitu pula dengan warna gelap yang juga mampu menciptakan kesan interior yang sempit. Inilah alasannya mengapa kami selalu menyarankan untuk mewarnai rumah mungil dengan warna putih dan warna-warni yang lembut. Sedangkan untuk interior yang luas, supaya suasananya tidak nampak terlalu besar, pilihlah warna yang dapat mengundang mata, menghadirkan suasana penuh relaksasi, serta mempersempit interior. Adapun warna pilihan kami jatuh pada hijau gelap, cokelat lembut, dan biru dongker.

Hiasan yang Tegas

ruang tamu yang luas

Cara lain untuk menghidupkan interior yang luas adalah dengan memajang hiasan yang keberadaannya terlihat tegas. Di ruangan kecil, dinding dapat dihiasi dengan aksesoris yang nampak menarik. Sementara itu, pada ruang tamu yang luas, keberadaan hiasanlah yang menjadi konsentrasinya. Tidak heran, hiasan berukuran besar lebih terasa indah pesonanya dibandingkan dengan aksesoris-aksesoris dengan ukuran kecil. Lukisan besar, dominasi fasad, dan rangkaian karya seni gantung lainnya tampak begitu menarik di sini. Sebagai alternatif, Anda bisa memasukkan sebuah patung besar agar ruangan lebih hidup.

Ketinggian Plafon

dekorasi ruang tamu luas

Membuat ketinggian yang berbeda di plafon ruang tamu juga termasuk salah satu langkah mendekorasi ruangan yang luas supaya terasa nyaman. Pada prinsipnya, hal ini sama seperti ketika Anda memainkan ketinggian lantai rumah, cuma kali ini Anda mengolah bidang plafon saja. Anda dapat membuat void di dalam ruangan tersebut. Perbedaan ketinggian di plafon ini yang menjadikan interior ruang tamu lebih intensif. Jangan lupa, tambahkan juga lampu kristal sebagai penghias plafon sekaligus memperlembut kesan yang tercipta di antara perbedaan ketinggian permukaan plafon tadi.

Ruang dalam Ruangan

ruang tamu berukuran luas

Anda juga bisa membuat suatu ruangan tambahan di dalam ruang tamu yang luas ini. Langkah ini sangat menguntungkan, terutama jika ruang tamu di rumah Anda dibuat dengan konsep yang terbuka. Adanya beberapa ruangan di satu tempat sekaligus menjadikan interior bisa saling terhubung. Gunakan karpet sebagai penegas masing-masing ruangan. Selanjutnya letakkan kursi dan meja di atas karpet, dilengkapi dengan tambahan lampu utama di atas tiap-tiap karpet tersebut. Biarkan bidang-bidang yang terdapat di pinggir dinding ruang tamu ini tetap terbuka. Sehingga meski sebenarnya terpisah, ruangan tetap bisa menyatu dengan kuat.

Manfaatkan Partisi

gambar ruang tamu luas

Anda juga bisa mencoba memecah kembali ruang tamu yang ukurannya terlalu besar menjadi beberapa ruangan menggunakan partisi visual. Cara ini bahkan bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman karena fungsi masing-masing ruangan tetap terjaga dengan baik. Contohnya, sebuah ruangan yang ukurannya terlalu besar ini bisa Anda jadikan sebagai ruang tamu, perpustakaan mini, taman bermain anak, serta ruangan untuk menikmati pemandangan di luar rumah. Cobalah Anda meletakkan lemari, rak buku, atau akuarium sebagai pembatas untuk ruangan ini. Sehingga ruangan pun dapat berfungsi secara maksimal.