Cara Memoles Marmer yang Baru Dipasang dan Lantai Lama

Tidak sedikit dari kita yang memilih marmer sebagai material pembentuk lantai bangunan. Kendati harga lantai marmer ini sangat mahal, namun marmer memiliki kelebihan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di material-material lantai yang lain. Apakah itu? Apalagi jika bukan permukaan lantai marmer tersebut yang mengkilap dan berkilau sehingga dapat menciptakan pesona yang begitu menawan. Pesona lantai marmer tersebut biasanya dimanfaatkan untuk membuat desain rumah mewah. Dengan cepat, rumah Anda akan terlihat sangat mewah apabila menggunakan lantai marmer ini.

Agar lantai marmer di rumah Anda selalu terlihat indah, Anda perlu merawatnya dengan baik dan benar. Mengepel lantai ini secara berkala saja tak cukup untuk mempertahankan kilauan pada permukaannya. Dibutuhkan usaha yang lebih keras untuk mempertahankan kilauan permukaan lantai marmer tersebut dan meningkatkannya. Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu Anda bisa melakukan pemolesan secara berkala terhadap lantai marmer di rumah Anda. Pemolesan akan membuat permukaan lantai marmer ini menjadi bersih, mengkilap, dan licin. Anda pasti akan sangat menyukainya.

cara poles lantai marmer

Proses pemolesan ini mesti Anda kerjakan terhadap lantai marmer yang baru dipasang. Sedangkan pada lantai marmer yang telah dipoles sebelumnya pun tetap harus dipoles secara berkala agar keindahannya senantiasa tetap terjaga. Pada dasarnya, proses pelaksanaan kedua teknis pemolesan tersebut tak jauh berbeda antara satu dengan lainnya. Prosesnya dapat dimulai dari persiapan terlebih dahulu,pelapisan, sampai tahap finishing. Semuanya ini saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itulah, setiap tahapan dalam memoles lantai marmer tersebut harus dikerjakan dengan baik.

Barangkali Anda tertarik untuk mengerjakannya sendiri proses pemolesan pada lantai marmer ini? Kalau memang demikian, silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini!

PEMOLESAN MARMER YANG BARU DIPASANG

tips memoles marmer

Untuk melakukan pemolesan terhadap lantai marmer yang baru dipasang, berikut ini tahap-tahap yang bisa Anda laksanakan dengan baik.

Pemotongan Nat Lantai

Tak hanya lantai keramik, pemasangan lantai marmer pun menggunakan nat loh. Nat merupakan bagian pengisi yang terdapat di antara susunan lantai marmer. Biasanya nat yang terbentuk di lantai marmer ini tidak memiliki ukuran lebar yang sama sehingga tampilannya pun kurang rapi. Maka dari itu, Anda perlu merapikan kembali ukuran lebar nat tersebut. Caranya yaitu Anda bisa memotong nat sedemikian rupa untuk menyelaraskan lebarnya sehingga terlihat lebih teratur dan keberadaannya samar.

Pemasangan Nat Ulang

memoles lantai marmer untuk pemula

Setelah dirasakan lebar nat sudah terlihat sama, Anda bisa menambalnya kembali menggunakan adukan nat yang baru. Buatlah adukan nat tersebut dengan campuran resin dan bubuk mild. Kemudian aduklah bahan-bahan ini biar tercampur rata. Selanjutnya tambahkan bahan pewarna ke dalam adukan nat yang telah terbentuk tadi. Kami rekomendasikan pilihlah bahan pewarna yang memiliki warna senada dengan warna lantai marmer sehingga tampilan nat pun dapat menyatu dengan marmer tersebut.

Pengelupasan Marmer (Grinding)

Proses pengelupasan lapisan atas marmer biasanya dilaksanakan menggunakan batu grinding. Proses ini terdiri atas beberapa rangkaian tahap-tahap yang harus dilakukan secara berurutan. Anda bisa memulai dengan mengupas permukaan lantai marmer memakai batu grinding yang kasar. Lantas dilanjut dengan memakai batu grinding sedang, dan terakhir gunakan batu grinding yang halus. Setelah ketiga proses ini selesai dilaksanakan, tahap selanjutnya ialah proses pengupasan lantai marmer memakai batu diamond.

Kristalisasi Marmer

panduan memoles marmer

Proses kristalisasi dikerjakan dengan menggunakan bahan-bahan kimia khusus. Berdasarkan jenis bahan kimia yang dipakai, terdapat dua macam proses kristalisasi pada lantai marmer ini. Pertama yaitu proses kristalisasi menggunakan obat putih (osasir). Sedangkan yang kedua adalah proses kristalisasi memakai obat kuning (extra 5). Pengerjaan kristalisasi ini harus dilaksanakan secara berurutan dimulai dari proses pertama ke proses kedua. Anda harus memakai obat putih terlebih dulu, lalu berlanjut ke obat kuning.

Pelapisan Marmer (Finishing)

cara memoles marmer

Setelah melewati proses kristalisasi, maka permukaan lantai marmer pun akan terlihat mengkilap. Tetapi proses pemolesan lantai marmer ini belum terhenti sampai di sini ya. Masih terdapat satu langkah lagi pekerjaan yang wajib Anda laksanakan dengan baik. Apakah itu? Tak lain yaitu finishing. Tahap finishing dilakukan dengan melapisi permukaan lantai marmer menggunakan bahan pelapis khusus untuk lantai marmer. Di sini kita bisa memakai bilinzon untuk melindungi permukaan lantai marmer.

PEMOLESAN ULANG LANTAI MARMER

memoles marmer untuk pemula

Lantai marmer yang telah terpasang cukup lama perlu dirawat secara berkala agar keindahannya terjaga dengan baik. Salah satu caranya yaitu melakukan pemolesan ulang.

Pengelupasan Marmer (Grinding)

Proses grinding yang dilakukan terhadap lantai marmer yang akan dipoles ulang sebenarnya tak berbeda jauh dengan proses grinding pada lantai marmer yang baru dipasang. Perbedaannya hanya terletak pada batu grinding yang digunakan. Pada pemolesan ulang ini, Anda hanya perlu menggunakan batu diamond langsung tanpa mengawalinya menggunakan batu grinding. Sesuaikan tingkat kekerasan batu diamond yang digunakan dengan kondisi lantai marmer. Jika lantai marmer ini sudah rusak cukup parah, mulailah proses pengelupasan ini menggunakan batu diamond yang paling kasar.

Kristalisasi Marmer

panduan memoles lantai marmer

Untuk proses kristalisasi ini, tahap-tahap pelaksanaannya sama persis dengan proses di atas. Anda dapat menggunakan osasir sebagai obat dasar dalam proses kristalisasi tahap pertama. Kemudian dilanjutkan dengan proses kristalisasi tahap kedua memakai extra 5 sebagai obat intinya. Kerjakan proses ini dengan sangat hati-hati karena Anda bakal bersentuhan langsung dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Pastikan Anda menggunakan obat-obatan ini dengan benar agar hasilnya pun maksimal.

Pelapisan Marmer (Finishing)

cara memoles lantai marmer

Proses finishing untuk memoles ulang lantai marmer ini juga tidak ubahnya seperti proses finishing pada lantai marmer yang baru dipasang. Anda pun dapat menggunakan bahan pelapis khusus marmer di sini. Tidak lain adalah bilinzon untuk mendukung jalannya pekerjaan ini. Setelah melewati tahapan pelapisan marmer (finishing) ini, maka pekerjaan pemolesan marmer yang Anda lakukan dianggap sudah selesai. Kini Anda dapat menikmati hasil jerih payah Anda berupa lantai marmer yang nampak seperti baru lagi.