Merawat Jendela Kayu Agar Tahan Lama dan Tidak Dimakan Rayap

Guna merawat jendela kayu di rumah agar keindahannya tetap terjaga, Anda memerlukan serangkaian tips tersendiri. Perlu Anda ketahui, musuh utama jendela kayu adalah rayap. Serangga kecil yang satu ini memang  selalu siap menggerogoti jendela di rumah Anda sedikit demi sedikit. Akibatnya ialah struktur jendela pun mengeropos. Jendela tersebut semakin rapuh karena terus dimakan oleh rayap. Masalah ini harus segera ditangani sebelum jendela rusak permanen. Jendela kayu juga paling rentan dengan air, di mana air dapat menyebabkannya lapuk sehingga posisinya gampang roboh.

Di pasar, setidaknya terdapat 3 macam jendela berdasarkan bahan bakunya. Di antaranya jendela kayu, jendela aluminium, dan jendela beton. Dari ketiga macam jendela tersebut, jendela kayu masih menjadi primadona utamanya. Kendati harga jendela kayu yang paling mahal dibandingkan dengan jendela yang lain, tetapi jendela ini sangat diminati karena mempunyai sejumlah keunggulan. Kelebihan jendela kayu antara lain mempunyai tampilan yang sangat elegan, mudah didapatkan, cocok diterapkan pada desain rumah apapun, mengandung nilai seni yag tinggi, dan perawatannya gampang.

cara merawat jendela

Yap, merawat jendela kayu sebenarnya mudah sekali kok. Jika mau, Anda bahkan bisa mengerjakannya sendiri. Dengan memberikan perawatan yang benar secara rutin, maka kami berani menjamin jendela kayu di rumah Anda bakal awet dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Bersihkan Jendela Secara Teratur

jendela kayu tahan lama

Bentuk perawatan dasar yang harus Anda lakukan terhadap jendela apapun itu ialah membersihkannya secara rutin. Anda mesti membersihkan jendela tersebut supaya bebas dari kotoran dan partikel-partikel debu. Cara membersihkan jendela sebenarnya mudah saja sih. Anda perlu menyiapkan kain microfiber, air, dan cairan pembersih terlebih dahulu. Silakan Anda seka seluruh permukaan jendela kayu tersebut menggunakan kain microfiber yang basah. Gosoklah secara perlahan-lahan dengan gerakan yang halus. Lalu gosok sekali lagi memakai kain yang bersih sampai kering.

Manfaatkan Bahan-bahan Natural

tips merawat jendela kayu

Dalam membersihkan jendela kayu serta merawat permukaannya supaya tetap mengkilap, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang banyak tersedia di dapur. Bahan-bahan ini ampuh banget loh dipakai untuk merawat jendela kayu dan menjaga pesonanya. Di antaranya seperti minyak zaitun, cuka, dan baking soda. Anda bisa memanfaatkan baking soda sebagai pengganti bahan pembersih kimia, cuka untuk mengatasi noda membandel di permukaan jendela, dan minyak zaitun untuk mengkilapkan warna jendela tersebut. Tentunya bahan-bahan alami ini lebih aman digunakan.

Lindungi Menggunakan Insektisida

agar jendela kayu awet

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, musuh utama material kayu adalah rayap. Serangga ini mampu menghabiskan bahan kayu begitu cepat hingga strukturnya menjadi keropos. Untuk mencegah serangan rayap sekaligus mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan insektisida. Anda bisa mendapatkan insektisida di toko pertanian terdekat. Wujudnya ada yang berupa cairan ataupun bubuk. Dengan mengaplikasikan insektisida secara berkala, maka jendela kayu Anda bakal terlindungi dengan baik. Silakan Anda usapkan insektisida tersebut ke seluruh permukaan jendela, baik sisi bagian luar maupun dalamnya.

Hiasi dengan Cat Kayu Anti-Rayap

merawat jendela kayu

Jangan asal-asalan dalam memilih produk cat kayu. Kami sarankan pilihlah cat kayu yang dapat memberi perlindungan terhadap jendela Anda. Anda boleh meminta rekomendasi dari penjual di toko bangunan mengenai produk cat kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan dengan baik spesifikasi dan komposisi cat kayu tadi untuk memastikannya mempunyai kemampuan anti-rayap dan anti-seranggga. Setelah itu, barulah Anda dapat memilih warnanya sesuai dengan keinginan. Dengan adanya lapisan cat anti-rayap ini, jendela kayu di rumah pun akan lebih terlindungi.

Terapkan Oli Bekas Secara Berkala

jendela kayu bebas rayap

Percaya atau tidak, oli mesin bekas kendaraan bermotor ternyata ampuh mengatasi serangan rayap loh. Oli ini bahkan mampu mematikan koloni rayap yang menyerang jendela kayu sampai ke telurnya dan tak akan pernah kembali lagi. Kalau tidak percaya, silakan Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Caranya mudah banget kok. Anda tinggal menggunakan oli bekas tersebut layaknya cat kayu biasa. Tugas Anda yaitu mengaplikasikan oli ini ke permukaan jendela secara merata menggunakan kuas. Dengan trik ini, niscaya jendela-jendela di rumah akan bebas dari rayap dan hama lainnya.

Manfaatkan Cat Tembok Berkualitas

merawat jendela kayu di rumah

Berbeda dengan serangan rayap yang mengakibatkan struktur jendela kayu menjadi keropos, air bakal menyebabkan tekstur jendela tersebut menjadi lapuk. Umumnya biang keladi dari masalah ini adalah jendela kayu yang terus-menerus tertimpa air hujan ataupun jendela yang berada di lingkungan lembab. Untuk mencegah air meresap ke dalam kayu, caranya yaitu menutupi pori-pori kayu menggunakan cat tembok. Aplikasikan cat tembok ke seluruh permukaan jendela memakai kuas. Setelah mengering, Anda bisa menerapkan cat kayu di atasnya sebanyak 2-3 kali lapisan.

Bangunlah Kanopi Pelindung Jendela

jendela kayu tidak keropos

Jika posisi jendela terlalu menjorok keluar, sebaiknya Anda membuatkan sebuah kanopi tepat di atasnya sebagai peneduh jendela tersebut dari air hujan. Anda bisa membangun kanopi ini menggunakan beton, fiber plastik, atau galvalium. Silakan bangun sebuah kanopi yang cantik untuk melengkapi daya tarik dari jendela kayu di rumah Anda. Anda bisa membuatnya dengan model sesuai desain rumah yang diusung. Perhatikan dengan baik ukuran kanopi tersebut supaya dapat berfungsi dengan optimal tanpa merusak tampilan rumah Anda. Dengan demikian, jendela pun akan terhindari dari terpaan air hujan.

Segera Perbaiki Lubang Pada Jendela

menjaga kebersihan jendela kayu

Anda mungkin melihat adanya lubang pada permukaan jendela kayu tersebut? Lubang ini dapat menjadi salah satu pertanda kalau sudah ada serangga yang menyerangnya. Jika bukan rayap, bisa jadi serangga bubuk kayu sudah merusak jendela tersebut. Anda tidak boleh membiarkannya saja sebab serangan dari serangga ini bisa semakin ganas. Anda bisa mencoba mengaplikasikan insektisida terlebih dahulu untuk membunuh serangga yang tinggal di dalam kayu. Lantas tambal lubang pada permukaan jendela kayu ini menggunakan dempul. Barulah kemudian Anda bisa melakukan pengecatan ulang.