Tips dan Perawatan Lantai Bambu (Bamboo Flooring) yang Benar

Salah satu alternatif material lantai yang bersifat ramah lingkungan ialah lantai bambu. Bahkan lantai ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan daripada lantai kayu loh. Dikatakan demikian sebab tanaman bambu memang mempunyai tingkat pertumbuhan yang jauh lebih cepat ketimbang tumbuh-tumbuhan penghasil kayu pada umumnya. Sehingga proses penebangan serta penanaman kembali bambu di alam pun menjadi lebih seimbang. Pemanfaatan tanaman bambu sebagai bahan bangunan ini tidak merusak lingkungan hayati karena stocknya di alam masih melimpah ruah.

Siapa sangka batang bambu yang kelihatannya dari luar rapuh ini, tapi ternyata memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih besar daripada kayu loh. Kualitas bambu mampu bertahan hingga lebih dari 6 tahun kalau dijadikan sebagai lantai interior. Lantai ini tak gampang rusak seperti pada lantai kayu. Bambu juga kurang disukai rayap sehingga Anda tak usah khawatir akan kelangsungan pesonanya. Lantai yang indah ini tidak mudah rusak cuma gara-gara serangan dari serangga yang satu ini. Meski demikian, Anda tetap harus merawat lantai bambu ini dengan sebaik-baiknya ya.

merawat lantai bambu

Permukaan Lantai Bambu

Kelebihan Lantai Bambu

kelebihan lantai bambu

Lantai bambu memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan material lantai yang lain. Adapun kelebihan-kelebihannya antara lain :

  1. Mempunyai motif atau corak yang begitu indah
  2. Memiliki pilihan warna yang lebih banyak
  3. Terdia pilihan ketebalan lantai yang bisa disesuaikan
  4. Teksturnya khas sekali dan bersifat unik
  5. Harganya lebih murah daripada lantai kayu
  6. Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap rayap
  7. Memancarkan pesona natural yang mewah

Perawatan Lantai Bambu yang Baik

panduan merawat lantai bambu

Bentuk perawatan terhadap lantai bambu ini mirip seperti merawat lantai kayu yang pernah kami bahas sebelumnya. Kedua jenis lantai tersebut nyaris tak ada perbedaan sama sekali mengenai tata cara dalam perawatannya. Anda bisa mengikuti kiat-kiat berikut ini supaya lantai bambu di rumah Anda senantiasa terawat dengan baik.

PERAWATAN HARIAN

tips merawat lantai bambu

Pastikan lantai bambu ini terlihat sempurna melengkapi kecantikan interior rumah dengan merawat dan membersihkannya secara rutin. Bagaimana cara membersihkan lantai bambu yang benar? Adapun cara yang kami sarankan adalah Anda cukup menyapunya saja memakai sapu yang berbahan nylon. Mengapa Anda harus menggunakan sapu nylon? Sapu nylon ini dipilih karena mempunyai tekstur yang halus dan lembut sehingga seratnya tidak akan menggores permukaan lantai. Jangan memakai sapu ijuk ya karena sapu ini memiliki serat yang kasar. Lantai Anda akan dipenuhi goresan kalau menggunakan sapu ijuk.

Kalau mau lebih aman lagi dalam membersihkan lantai bambu, Anda bisa memakai vacuum cleaner. Alat ini benar-benar cocok sekali digunakan untuk membersihkan lantai bambu dan lantai kayu. Selain bakal memudahkan pekerjaan Anda, vacuum cleaner ini juga tak akan menimbulkan goresan pada lantai. Jika ada noda membandel di permukaan lantai bambu, Anda bisa membersihkannya memakai kain lap yang basah. Gosoklah permukaan lantai tersebut beberapa kali sampai bersih. Anda tak perlu mengepel lantai bambu ini. Kenapa? Sebab Air justru dapat merusak lantai tersebut secara perlahan-lahan.

HAL-HAL YANG DIPERBOLEHKAN

cara merawat lantai bambu

Di bawah ini merupakan aktivitas-aktivitas perawatan yang boleh dilakukan pada lantai bambu, yaitu :

  1. Membersihkan lantai bambu menggunakan sapu nylon
  2. Membersihkan lantai bambu dengan mesin penyedot debu
  3. Mengelap lantai bambu memakai kain microfiber
  4. Menyikati area sudut lantai bambu dengan sikat gigi yang halus
  5. Membersihkan lantai bambu dengan bantuan minyak kayu putih
  6. Membersihkan lantai dengan bantuan air sari buah lemon
  7. Menggeser furniture dengan mengangkatnya secara hati-hati
  8. Memberikan bantalan yang lembut di kaki-kaki perabotan

HAL-HAL YANG DILARANG

merawat lantai bambu yang benar

Sementara itu, hal-hal yang tidak diperbolhkan untuk dilakukan terhadap lantai bambu antara lain :

  1. Mengepel lantai bambu menggunakan air secara rutin
  2. Membersihkan lantai bambu memakai sapu ijuk
  3. Mengenakan sepatu berhak tinggi di atas lantai bambu
  4. Menggeser furniture dengan menarik/mendorong di atas lantai bambu
  5. Memakai cairan pembersih yang keras untuk membersihkan lantai
  6. Membiarkan lantai bambu tergenang air dalam waktu yang lama
  7. Membiarkan lantai bambu terkena sinar matahari secara langsung
  8. Meletakkan benda-benda panas tepat di atas permukaan lantai bambu

PERAWATAN TAHUNAN

cara membersihkan lantai bambu

Di dalam kurun waktu tertentu, Anda mesti memberikan bentuk-bentuk perawatan secara khusus pada lantai bambu ini. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kilau keindahan lantai tersebut akibat dimakan oleh waktu. Tidak dipungkiri lagi memang kalau lantai bambu ini bisa memudar warnanya seiring dengan bergulirnya waktu. Warna dan corak lantai tersebut bakal memudar sehingga menyebabkan pesonanya pun menjadi redup. Anda tidak boleh membiarkan kondisi ini berlangsung terus-menerus. Adapun cara mengembalikan pesona lantai bambu adalah mengaplikasikan coating ulang.

Bagaimana cara coating lantai bambu yang benar? Anda memerlukan bahan coating khusus untuk lantai bambu, atau bisa juga menggunakan bahan coating untuk lantai kayu. Bahan coating ini banyak tersedia di toko bangunan. Selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan coating ini secara merata ke permukaan lantai bambu. Bentuk perawatan ini sebaiknya dilaksanakan setiap 3-5 tahun sekali saat warna lantai tersebut sudah terlihat memudar. Solusi alternatif lainnya selain coating ini yaitu mengampelas permukaan lantai bambu untuk menghaluskan dan mengikis lapisan luarnya. Lalu berikan finishing clear.