6 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Lumut di Tembok dengan Tuntas

Lumut di tembok tidak hanya akan mengurangi keindahan rumah, tetapi juga sanggup merusak struktur dari tembok tersebut. Seperti kita ketahui, lumut ini merupakan tumbuhan epifit yang biasanya hidup di lingkungan yang lembab. Jika lumut ini sampai dibiarkan tumbuh dan berkembang biak di tembok, maka kondisi tembok tadi pun menjadi gembur, mudah rubuh, dan tak kokoh lagi. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh membiarkan masalah tersebut berlarut-larut. Sebelum lumut merusak tembok, Anda harus cepat mengambil tindakan untuk mengatasinya dengan tuntas.

Sebenarnya lumut yang tumbuh di tembok bisa diatasi dengan mudah kok. Anda dapat menghilangkan lumut-lumut ini menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah. Jadi Anda tak perlu membeli cairan khusus penghilang lumut ya. Sebab kenyataannya adalah Anda pun dapat memanfaatkan bahan-bahan di rumah untuk menghilangkan lumut tersebut. Contohnya yaitu Anda bisa menggunakan cairan pemutih pakaian, cuka, atau baking soda. Percaya atau tidak, ternyata bahan-bahan ini juga mempunyai kemampuan yang ampuh untuk menghilangkan lumut di tembok.

cara menghilangkan lumut di tembok

Yap, setidaknya terdapat 6 macam bahan alternatif yang dapat kita manfaatkan untuk membasmi lumut yang tumbuh di dinding loh. Bahan-bahan ini tidak hanya menghilangkan lumut saja, tapi juga sanggup memberantas lumut tersebut sampai ke akarnya. Di antaranya yaitu air elektrolit di aki, cairan pemutih pakaian, kaporit, bata merah, cuka dan baking soda, serta cairan pembersih kloset. Lantas, bagaimana sih caranya menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membersihkan lumut di tembok? Silakan Anda bisa mengikuti panduan langkah-langkahnya di bawah ini!

AIR AKI

aki menghilangkan lumut di tembok

Ternyata di balik fungsinya untuk menyimpan energi listrik, aki juga dapat dipakai untuk menghilangkan lumut, tepatnya yaitu air elektrolit di dalamnya. Yap, cairan yang acap kali disebut juga dengan istilah air keras ini ternyata sangat ampuh dalam merontokkan lumut di dinding loh. Cara memakainya yaitu siram permukaan tembok yang berlumut memakai air aki, lantas biarkan semalaman. Keesokan harinya, Anda akan menemukan lumut-lumut yang mulai mengelupas. Untuk mempercepat prosesnya, pakailah sikat berbulu kasar. Hati-hati jangan sampai air aki tersebut mengenai kulit karena dapat menyebabkan kulit Anda melepuh. Setelah itu, Anda bisa membilasnya sampai bersih.

PEMUTIH PAKAIAN

cairan menghilangkan lumut di tembok

Cairan pemutih pakaian juga dapat diandalkan untuk menghilangkan lumut lho. Hal ini wajar, mengingat cairan pemutih baju ini juga bersifat keras sehingga sangat ampuh dalam mematikan bakteri. Mula-mula campurkanlah pemutih pakaian serta air bersih dengan perbandingan 1:4. Kemudian aduklah campuran tersebut supaya komposisinya merata. Untuk menggunakannya, Anda cukup menyiramkan cairan ini ke permukaan tembok yang berlumut. Lalu sikat permukaan tembok tadi sampai bersih. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih ya. Hasilnya ialah permukaan tembok pun kini sudah bebas dari lumut.

KAPORIT

solusi menghilangkan lumut di tembok

Siapa sangka kalau bubuk kimia berwarna putih ini juga sangat ampuh digunakan untuk membersihkan tembok rumah dari lumut? Tak hanya itu, pengaplikasiannya pun mudah dikerjakan. Pertama, taburkan bubuk kaporit ini ke permukaan dinding yang telah berubah menjadi ladang lumut. Kemudian biarkanlah sekitar 1-2 jam hingga muncul buih-buih di permukaan tembok tersebut akibat reaksi yang ditimbulkan oleh bubuk kaporit. Reaksi ini berfungsi untuk mematikan lumut hingga ke akarnya. Langkah terakhir, Anda tinggal mengguyur dinding tersebut dengan air sampai kondisinya bersih ya.

BATA MERAH

tips menghilangkan lumut di tembok

Serbuk bata merah dikenal sebagai pembersih gigi tradisional. Dari sinilah ide memanfaatkan batu bata sebagai pembasmi lumut muncul. Tapi trik ini agak merepotkan. Anda sebaiknya melakukannya hanya di waktu senggang saja. Siapkanlah sebongkah batu bata merah, lalu gosokkan pada permukaan tembok. Lakukan secara berulang-ulang sampai semua lumut di tembok rontok. Dibandingkan dengan sikat biasa, bata merah ini sanggup merontokkan lumut sampai ke akarnya. Biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama sampai lumut-lumut yang tumbuh di tembok tadi rontok semuanya. Untuk melihat hasilnya, siramlah permukaan tembok tersebut dengan air bersih.

CUKA DAN BAKING SODA

menghilangkan lumut di dinding

Siapapun tidak mengelak jika cuka dan baking soda merupakan pembersih alami yang dapat diandalkan. Termasuk untuk menghapus lumut-lumut yang tumbuh di tembok rumah Anda, kedua bahan ini benar-benar dapat dimanfaatkan. Cobalah Anda membuat cairan pembersih lumut dari campuran cuka, baking soda, dan air panas. Setelah jadi, siramkan cairan ini ke seluruh permukaan dinding secara merata. Lalu tunggulah sekitar 15 menit dulu ya. Setelah itu, Anda bisa menyikati permukaan tembok tersebut untuk mempercepat proses perontokan lumut. Sebagai langkah terakhir, siramlah permukaan dinding tersebut menggunakan air sampai bersih.

PEMBERSIH KLOSET

pembersih menghilangkan lumut di tembok

Ternyata nih produk cairan pembersih kloset tidak cuma bisa digunakan untuk membersihkan kloset saja loh. Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk membersihkan permukaan dinding, terutama dari lumut yang tumbuh di sana. Cairan pembersih kloset benar-benar ampuh dipakai untuk menghilangkan lumut sampai ke akarnya. Adapun cara menggunakan cairan pembersih kloset untuk membasmi lumut adalah silakan Anda bersihkan permukaan tembok terlebih dahulu dengan kain lap. Lalu Anda bisa menuangkan cairan pembersih kloset ini secukupnya ke tembok secara acak. Ratakan cairan tersebut memakai sikat. Setelah menunggu 20-30 menit, Anda dapat menyikatinya dengan kuat. Barulah kemudian bilas tembok tadi dengan air beberapa kali hingga bersih ya.