Kreatif Banget Nih! Cara Membuat Lantai Kayu Sendiri Menggunakan Triplek

Penggunaan lantai kayu kini semakin meningkat karena mempunyai tampilan alami yang menyejukkan mata. Sayangnya kelangkaan stok kayu memicu peningkatan harga yang sangat signifikan. Lantai kayu merupakan material yang mahal. Sebagai solusi atas mahalnya lantai kayu solid, sekarang sudah ditemukan lantai parlet laminate yang tersusun atas beberapa material. Setidaknya terdapat empat lapisan pembentuk lantai ini antara lain melamin, MDF/HDF, resin, dan film transparan.

Walau kesan yang ditampilkan tidak jauh berbeda dengan lantai kayu solid, lantai parlet laminate memiliki daya dukung yang tidak terlalu kuat. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini lantai kayu pun dapat dibuat dari bahan triplek. Bukan triplek sembarang triplek, triplek yang dipakai harus berasal dari jenis triplek sungkai. Selain biaya pembuatannya lebih murah, lantai berbahan triplek sungkai juga membutuhkan bentuk perawatan yang tidak terlalu rumit.

memotong triplek supaya lurus

Di bawah ini langkah-langkah dalam memasang lantai triplek yang bisa Anda ikuti dengan baik!

  • Buat lantai semen yang dilapisi dengan acian di atasnya. Pastikan bahwa lantai tersebut memiliki permukaan yang benar-benar rata. Dalam pemasangan triplek nanti, Anda sama sekali tidak menggunakan bahan peredam seperti stereo foam.

cara mengkilapkan lantai semen

  • Setelah lantai acian sudah mengering sempurna, selanjutnya Anda bisa menghamparkan lembaran-lembaran triplek di atasnya. Gunakan lem kayu untuk menempelkan bagian bawah lantai tersebut dengan permukaan lantai semen. Kemudian tahan posisinya agar terikat kuat menggunakan paku. Ulangi sampai seluruh bidang lantai tertutupi oleh triplek.

kelebihan dan kekurangan triplek

  • Pasang triplek sungkai tepat di atas hamparan triplek-triplek biasa tadi menggunakan lem kayu. Setelah itu, Anda bisa memberikan finishing pada permukaan triplek sungkai memakai bahan melamin. Kini lantai triplek buatan Anda pun telah selesai digarap.

cara membuat lantai triplek

Agar lantai triplek tersebut memiliki kekuatan yang lebih awet dan tahan lama, maka pastikan kondisi ruangan tidak terlalu lembab. Untuk membersihkannya, Anda cukup menyedot debu dan kotoran yang menempel memakai vacuum cleaner. Hindari menyapu lantai dan mengepel permukaannya. Disarankan pula menyuntikkan cairan kimia anti rayap ke lapisan kayunya.