Cara Membuat Cat Dinding Sendiri Sesuai dengan Selera Kita, Ternyata Mudah!

Cat dinding adalah cat yang memiliki kegunaan khusus untuk mewarnai bagian dinding suatu bangunan. Dalam pengaplikasiannya, cat ini diusapkan sedemikian rupa ke permukaan dinding, baik memakai kuas maupun roller. Setelah dicat, tampilan dinding tersebut akan menjadi lebih indah berkat warna yang menghiasinya.

cara membuat cat tembok

Saat ini, ada berbagai produk cat dinding yang beredar di pasaran dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan beberapa di antaranya juga mempunyai fungsi khusus seperti anti-air, anti-bocor, anti-karat, anti-jamur, dan sebagainya. Namun bagi Anda yang memiliki daya kreatifitas yang tinggi, rasanya kurang apabila belum meracik cat buatan sendiri. Jika berhasil, keisengan Anda tersebut bahkan bisa pula menciptakan peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan.

Simak langkah-langkah proses pembuatan cat dinding sebagai berikut!

daftar harga cat tembok terbaru

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 liter air
  • 200 gram TiO2 (Titanium dioksida) sebagai pewarna putih, gunakan bahan pewarna tekstil yang lain untuk menghasilkan warna lainnya.
  • 50 cc pine oil sebagai penguat warna
  • 1 kg kaolyn/bolus alba sebagai obat pengawet
  • 1 kg PvaC (Propyline Vinyl Acrylic) sebagai perekat adukan
  • 2 kg CaCO3 (Kalsium karbonat)

kiat memilih cat dinding

Cara Membuat :

  1. Buatlah suatu campuran yang terdiri atas air, PVaC, dan CaCO3. Aduk campuran tersebut menggunakan mixer sampai komposisinya benar-benar merata. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa mengganti PvaC dengan resin khusus untuk cat dinding.
  2. Tuangkan TiO2 sedikit demi sedikit ke dalam campuran di atas hingga didapatkan warna putih yang sesuai dengan harapan. Ingat untuk terus mengaduk adonan cat sembari Anda menuangkan zat pewarna ini ke dalamnya.
  3. Langkah berikutnya ialah menambahkan kaolyn atau bolus alba sehingga cat yang Anda buat akan bersifat antijamur. Setelah itu, tambahkan pula pine oil secukupnya untuk memperkuat tampilan warna yang dimilikinya.
  4. Setelah semua bahan penyusun cat dinding selesai dicampurkan secara merata, Anda bisa mulai menggunakannya untuk menghias rumah. Cat dinding ini juga bisa dikemas ke dalam kaleng-kaleng cat.
  5. Perlu diketahui, cat dinding yang berbasis air (water based) biasanya tampilannya tidak mengkilap. Di sisi lain, cat dinding yang berbasis minyak (oil based) mempunyai pesona yang tampak mengkilap.

menghitung kebutuhan cat tembok 1

Benar kan? Membikin cat dinding sendiri itu memang gampang-gampang susah. Apalagi sebagai seorang pemula Anda tentu perlu belajar meracik terlebih dahulu sebelum akhirnya menemukan komposisi yang paling benar. Bagaimanapun hasil cat bikinan sendiri nantinya, Anda tetap harus bangga terhadap cat tersebut mengingat prosesnya yang panjang dan melalui rangkaian tahapan yang cukup rumit. Jangan lupa untuk mengabadikan cat pertama Anda dan memamerkannya ke teman-teman ya!