7 Cara Memajukan Cafe yang Sepi Supaya Pengunjungnya Banyak

Bisnis cafe memang terlihat menggiurkan sekali. Hal ini tak terlepas dari ramainya masyarakat masa kini yang senang menghabiskan waktunya di dalam cafe. Cuma setelah dijalani sendiri, ternyata tidak semudah kelihatannya. Ada banyak sekali aspek yang harus Anda perhatikan di sini supaya cafe Anda dapat mengalami kemajuan. Sebab bila tidak dikelola dengan baik, cafe Anda pun akan menjadi sepi. Kondisi ini tentunya tidak boleh Anda biarkan secara terus-menerus.

cara memajukan cafe

Kami mempunyai 7 trik jitu yang dapat Anda gunakan untuk memajukan cafe supaya pengunjungnya menjadi ramai, di antaranya :

Coba Melakukan Promosi Secara Berkala

Dalam melaksanakan bisnis apa pun, melakukan promosi itu hukumnya wajib. Promosi mempunyai tujuan untuk memperkenalkan bisnis kita ke khalayak ramai. Tanpa promosi, orang-orang tidak bisa mengetahui cafe kita secara mendalam. Itu sebabnya, kegiatan promosi ini pun harus dilaksanakan berkala dan menyasar target yang berbeda. Paling tidak Anda harus melakukan kegiatan promosi ini setiap 3 bulan sekali. Fokuslah pada area perkantoran dan sekolah ya.

memilih meja kursi cafe

Sesuaikan dengan Daya Beli Masyarakat

Kalau mau cafe Anda memiliki pengunjung yang ramai, maka Anda tak boleh menjual minuman dan makanannya dengan harga yang selangit. Anda harus menyesuaikan harganya dengan daya beli dari masyarakat setempat. Harga kopi di area perkotaan tentunya berbeda dengan lingkungan pedesaan atau wilayah pelosok. Penawaran harga yang terjangkau ini juga dapat menjadi magnet yang efektif untuk menarik kedatangan para pengunjung loh.

Menata Ulang Bagian Interior Desainnya

Bukan tidak mungkin sepinya pengunjung di cafe Anda disebabkan oleh penampilan interiornya yang buruk. Survei membuktikan bahwa mayoritas pengunjung cafe saat ini lebih senang mendatangi cafe yang trendy dan sedang populer di internet. Penampilan cafe yang unik juga sanggup menarik minat dan kedatangan orang-orang loh. Jadi sebisa mungkin buatlah cafe yang bergaya kekinian. Anda bisa mencoba menganalisis tren dahulu, lalu menata ulang interior cafe Anda.

mendesain interior restoran

Ciptakan Menu Baru Autentik yang Lezat

Keunikan suatu cafe juga bisa berasal dari makanan dan minuman yang dimiliki. Jadi sebisa mungkin cafe Anda mempunyai menu yang tak biasa. Atau paling tidak ada beberapa menu khusus yang khas dan menjadi signature dish dari cafe tersebut. Kalau Anda berhasil membuat menu yang autentik ini, maka menu tadi akan memikat para pelanggan untuk datang kembali atau bahkan menceritakannya ke orang-orang sekitarnya. Ini merupakan promosi gratis yang sangat efektif.

Manfaatkan Berbagai Fitur Sosial Media

Saat ini dunia internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan tidak sedikit pula orang yang mengaku lebih tertarik berada di ranah internet tersebut ketimbang dunia nyata. Bagi pebisnis, ini merupakan sebuah kenyataan yang menguntungkan karena Anda bisa memanfaatkan kebiasaan tersebut untuk tujuan berpromosi. Di sini Anda dapat menggunakan berbagai platform sosial media yang ada untuk mengiklankan bisnis cafe Anda serta membangun brand yang bonafit.

cara mendesain interior restoran

Mendekor Ulang Cafe Secara Menyeluruh

Pilihan lain untuk membuat cafe Anda ramai pengunjung adalah melakukan dekorasi ulang terhadap dekorasinya secara menyeluruh. Apabila sebelumnya kami hanya menyarankan untuk menata ulang bagian interiornya saja, tapi kali ini kami merekomendasikan Anda untuk mendekorasi ulang semua sudut cafe tersebut. Bahkan Anda juga dapat mengusung konsep baru pada ruang cafe tersebut agar suasana dan aromanya menjadi lebih segar.

Berikan Pelayanan yang Ramah & Optimal

Rekomendasi kami yang terakhir adalah Anda harus meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengunjung. Ingatlah kalau pembeli merupakan raja. Jadi Anda harus melayani dan memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya. Berikan pelayanan yang ramah dan optimal seperti di restoran yang berbintang lima. Beberapa pengunjung cafe juga menghendaki pelayanan yang akrab seperti dalam rumahnya sendiri. Tentunya di sini Anda harus memberi pelayanan yang adil kepada semuanya.