9 Keuntungan Tinggal di Rumah Mungil dan Kecil, Apa Saja Ya?

Anda mungkin tinggal di dalam rumah yang berukuran mungil? Anda tak boleh berkeluh kesah terhadap rumah yang Anda miliki tersebut. Anda harus bersyukur karena mempunyai papan untuk ditinggali. Jika Anda berpikir secara positif sebenarnya rumah kecil ini pun memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan rumah yang ukurannya besar loh. Apa sajakah itu? Inilah pokok bahasan utama yang akan kita bahas kali ini. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulan dari rumah mungil ini, kami harap Anda bisa bersyukur sepenuhnya sehingga dapat menikmat setiap momen ketika berada di rumah tersebut.

Bagaimana suatu rumah dapat dikatakan sebagai rumah mungil? Kalau menurut kami sih, rumah mungil adalah rumah yang mempunyai ukuran panjang kurang dari 10 meter dan lebar kurang dari 5 meter. Hal ini membuat suasana di dalam rumah tersebut menjadi terasa sempit. Namun kalau Anda cerdik dalam menyiasati keterbatasan ruang di dalam rumah mungil, maka rumah tersebut akan tetap terasa nyaman. Misalnya untuk trik yang paling sederhana ialah membuat rumah bertingkat di atas tanah tersebut. Jadi lantai pertama dipakai untuk ruangan publik. Sedangkan semua kamar tidur berada di lantai kedua.

keuntungan rumah mungil

Banyak orang yang tidak mengira keuntungan tinggal di rumah mungil sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah mudahnya pemantauan kondisi bangunan dan kebersihan rumah. Nah, supaya Anda bisa lebih menikmati waktu saat tinggal di rumah yang mungil tersebut, Anda harus mengetahui keuntungan-keuntungan yang dimilikinya.

Harga Belinya Lebih Terjangkau

rumah kecil yang nyaman

Ini adalah kelebihan utama dari rumah mungil. Umumnya harga rumah mungil ini lebih murah daripada rumah yang ukurannya sedang atau besar. Namun harga ini hanya berlaku untuk rumah-rumah terletak di lokasi yang sama. Sebab tidak menutup kemungkinkan harga rumah mungil ini bisa menjadi jauh lebih mahal ketimbang rumah yang ukurannya lebih besar apabila lokasinya terletak di kawasan yang strategis ya. Tetapi secara garis besar, harga rumah mungil ini cukup terjangkau kok. Jadi kalau Anda mempunyai tabungan yang belum terlalu banyak, Anda bisa mulai membelinya dari rumah yang mungil dahulu.

Suasana Kekeluargaan Lebih Terasa

desain rumah kecil

Tinggal di rumah mungil memungkinkan Anda untuk dapat membangun keluarga yang harmonis dengan lebih mudah. Mengapa? Karena di dalam rumah yang kecil ini seluruh keluarga lebih gampang berjumpa saat berada di dalam rumah. Hubungan kekeluargaan pun menjadi lebih kental. Berbeda dengan rumah luas yang kebanyakan sepi karena penghuninya lebih betah berada di kamar tidur. Di dalam rumah yang mungil ini, Anda juga dapat berkomunikasi dengan lebih mudah. Anda yang sedang mencuci kendaraan tetap bisa mengobrol dengan istri yang tengah asyik memasak di dalam dapur.

Lebih Mudah Memantau Rumah

kelebihan rumah kecil

Kelebihan selanjutnya dari sebuah rumah mungil yaitu Anda lebih mudah dalam memantau kondidi yang ada di dalamnya. Seluruh interior rumah berikut eksteriornya bisa Anda pantau setiap hari dengan lebih mudah. Anda juga bahkan sampai hafal terhadap benda-benda apa saja yang terdapat di setiap ruangan dan posisinya berada di mana. Dengan begini, Anda bakal lebih gampang dalam memastikan keamanan rumah tersebut sebaik-baiknya. Berbeda dengan rumah yang ukurannya besar, di mana Anda sering kali kesulitan untuk dapat memantau kondisi setiap ruangan di dalamnya setiap hari.

Kebersihan Rumah Lebih Terjaga

menata rumah kecil

Ukuran interior rumah yang terbatas membuat Anda lebih gampang dalam memantau keadaan seluruh bagian rumah. Begitu pula dalam hal kebersihannya. Kebersihan di rumah tersebut akan senantiasa bisa terjaga dengan baik. Anda mampu membersihkan semua ruangan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Anda bahkan bisa mengerjakan semuanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Bayangkan kalau ruangan tersebut memiliki ukuran yang sangat luas, tentu akan sangat merepotkan bagi Anda untuk memantau kondisi kebersihan interior rumah tersebut setiap saat.

Lebih Mudah Mendesainnya

rumah kecil alami

Jika mau rumah mungil Anda terasa lebih nyaman, maka Anda mesti mendesainnya dengan baik. Proses mendesain rumah ini mutlak dilakukan untuk menciptakan suasana tertentu pada rumah tersebut. Anda dapat membuat rumah mungil nampak lebih luas dan lapang atau terasa begitu menenangkan. Kuncinya terletak pada bagaimana cara Anda dalam mendesain atau mendekorasirumah tersebut. Untungnya nih proses mendesain rumah mungil ini cukup mudah dilakukan loh. Alasannya tidak lain karena luas bidang desain yang mesti dikerjakan sangat terbatas. Silakan Anda bisa mengikuti tips dan trik dari kami.

Biaya Perawatan Lebih Hemat

membuat rumah kecil

Pada umumnya bentuk perawatan untuk rumah dilakukan dengan membersihkan interior, memperbaiki perabotan yang rusak, dan menambahkan furniture dan aksesori sesuai dengan kebutuhan. Terbatasnya ruang yang harus Anda olah di sini, membuat biaya untuk membeli barang-barang dan merawat rumah pun menjadi lebih terbatas/sedikit. Hal ini juga yang membuat Anda bisa lebih menghemat pengeluaran bulanan jauh lebih besar lagi. Contoh yang paling simple, Anda bisa lebih menghemat cairan pembersih lantai ketika tinggal di dalam rumah yang mungil ini.

Lebih Hemat  Biaya Listrik

manfaat rumah kecil

Mungilnya ukuran rumah membuat Anda hanya memerlukan beberapa lampu saja sebagai penerangan di malam hari. Begitu pun saat Anda memakai AC, maka konsumsi listriknya menjadi jauh lebih sedikit. Maka secara otomatis tagihan bulanan Anda untuk biaya listrik ini menjadi lebih hemat. Sebaliknya nih, konsumsi listrik untuk lampu dan AC pada rumah yang berukuran luas akan meningkat tajam sebab area jangkaunya juga lebih luas. Belum lagi dengan banyaknya barang-barang elektronik yang biasanya selalu memenuhi rumah bertipe ini. Tagihan listriknya pasti besar sekali.

Biaya Renovasi Lebih Sedikit

keuntungan rumah kecil

Setiap rumah harus direnovasi secara berkala agar kondisi bangunannya tetap terjaga. Pada rumah kecil, biaya renovasinya bisa ditekan semaksimal mugkin sebab material bangunan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Bandingkan jika Anda tinggal di rumah yang luas, maka siap-siaplah merogoh kocek lebih dalam setiap kali Anda harus melaksanakan renovasi rumah. Contoh yang paling sederhana ketika Anda hendak mengecat dinding interior rumah tersebut. Maka kebutuhan cat dinding yang diperlukan untuk mengecat seisi rumah pun menjadi lebih sedikit.

Jauh Lebih Gampang Dijual

dekorasi rumah kecil

Rumah mungil terbukti laku keras di parasan. Kebanyakan masyarakat di Indonesia memang untuk saat ini jauh lebih menyukai rumah mungil dibandingkan dengan rumah berukuran besar. Daya tarik ini pula yang membuat proses penjualan rumah mungil ini jauh lebih mudah dilakukan. Salah satu penyebabnya ialah harga rumah mungil ini relatif lebih murah bagi mayoritas penduduk Indonesia. Di sisi lain, peminat rumah berukuran besar di Indonesia masih tergolong sedikit dan berasal dari kalangan tertentu saja. Jadi jauh lebih sulit menjual rumah yang ukurannya besar daripada rumah kecil ini.