Cara Merawat Kursi Kantor dengan Tepat agar Tak Mudah Rusak

Kursi menjadi perabotan yang wajib ada di dalam sebuah kantor. Layaknya kursi yang lainnya, kursi kantor ini juga berfungsi sebagai tempat duduk para pegawai yang sedang bekerja. Tak jarang kursi ini akan diduduki selama berjam-jam sampai tiba waktunya bagi karyawan untuk pulang. Kursi yang harus menanggung beban dalam waktu yang lama tersebut pasti akan rentan mengalami kerusakan. Jangan sampai deh pihak kantor harus membeli kursi ini berulang-ulang kali.

Perawatan menjadi sesuatu yang mutlak dilakukan untuk membuat kursi kantor bisa bertahan lama dan awet. Akan tetapi, bagaimana cara merawat kursi kantor yang benar? Terlebih kursi ini biasanya mempunyai bentuk dan desain yang tak biasa. Demikian pula dengan bagian roda pada kaki-kakinya yang menuntut perlakuan khusus supaya tetap bisa berfungsi secara normal. Dengan kenyataan ini, Anda mesti melakukan perawatan yang tepat agar kursi tadi tidak mudah rusak.

cara merawat kursi kantor

Kami mempunyai sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk merawat kursi kantor supaya bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak, di antaranya :

Duduklah dengan Posisi yang Benar

Tentunya kursi kantor bakal bertahan lama manakala Anda menggunakannya sesuai dengan fungsi utamanya. Namanya juga kursi. Jadi, Anda harus duduk dengan baik pada bagian dudukannya. Anda tidak boleh duduk di bagian sandaran lengan maupun bahu. Anda juga dilarang keras untuk berdiri di atas kursi tersebut. Begitu pula melompat-lompat di atas kursi, walaupun bantalannya empuk, tetap Anda tidak boleh melakukannya. Anda harus membiasakan diri menggunakannya dengan benar.

jenis jenis meja kantor

Jauhkanlah dari Benturan-benturan

Kalau Anda mau membuat kursi kantor mempunyai usia pakai yang lama, maka kami menyarankan untuk menghindarkannya dari risiko-risiko yang dapat merusak kursi tersebut. Utamanya yaitu Anda harus memastikan kursi tadi senantiasa terhindar dari benturan atau tumbukan. Segala macam dan bentuk benturan mesti dihindari agar tidak menimbulkan luka, lecet, atau bahkan kerusakan serius. Anda harus menjauhkan kursi kantor tersebut dari risiko-risiko yang bisa menimbulkan benturan.

Jaga Kondisinya Senantiasa Kering

Salah satu penyebab kerusakan pada kursi kantor adalah air. Walaupun kelihatannya sepele, air ini bisa mengakibatkan dampak negatif yang serius pada kursi. Kursi kantor yang terbuat dari kayu akan mudah lapuk bila terus-menerus terkena air. Demikian pula dengan kursi besi akan mudah terserang karat jika Anda membiarkan kondisinya lembap, basah, atau berair. Sangat penting bagi Anda untuk memastikan kursi tersebut senantiasa dalam keadaan yang kering agar lebih awet.

tips memilih kursi kantor

Pahami Karakteristik Materialnya

Anda harus menyadari bahwa setiap material mempunyai sifat atau karakteristik yang unik. Sifat ini wajib Anda perhatikan dengan baik ketika memberikan perawatan terhadap kursi tersebut. Anda tak boleh memberi perlakuan yang sama antara kursi kayu dengan kursi besi, aluminium, atau material yang lainnya. Begitu pula tatkala Anda menggunakan kursi tersebut juga harus memperhatikan betul aspek karakteristik ini supaya tidak menimbulkan risiko kerusakan terhadap kursi.

Bersihkanlah Kursi Secara Berkala

Satu lagi nih pekerjaan wajib yang mesti Anda lakukan untuk merawat kursi kantor. Tidak lain yaitu membersihkan kursi tersebut secara berkala. Tentunya ini merupakan perawatan dasar yang setiap orang pasti sudah mengetahuinya. Tapi faktanya ialah masih banyak orang yang bermalas-malasan dalam membersihkan kursi kantor. Sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus lebih rajin lagi untuk melakukan pembersihan ini. Jangan lupa membersihkan bagian-bagian sempit dan sudutnya.