Cara Menata Sofa Sudut yang Berbentuk L, Ruangan Jadi Makin Cozy!

Ada banyak ragam sofa yang tersedia di toko perabotan saat ini. Salah satunya yang paling unik ialah sofa sudut. Daya tarik utama dari sofa sudut adalah bentuknya yang tidak biasa, yakni berbentuk L. Ini merupakan bentuk yang tak umum bagi sebuah sofa yang lumrahnya mempunyai bentuk seperti kursi atau bangku. Namun karena bentuknya inilah yang membuat sofa sudut begitu istimewa. Sofa ini bakal langsung terlihat mencolok di dalam ruang tamu atau ruang keluarga.

Namun karena mempunyai bentuk yang tidak biasa, sofa sudut yang berbentuk L ini membutuhkan penanganan secara khusus, terutama dalam penataannya. Anda tidak bisa menatanya sembarangan karena justru dapat memenuhi seisi ruangan hingga mengacaukannya. Sebelumnya Anda harus bisa memahami bahwa sofa L ini bersifat seksional sehingga membutuhkan penataan secara khusus. Sofa ini harus mendapatkan tempat yang spesial agar pesonanya keluar dengan optimal.

menata sofa berbentuk l

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli sofa sudut, di antaranya :

  1. Seharusnya Anda mengetahui terlebih dahulu ukuran pasti dari ruangan yang akan ditempati oleh sofa sudut. Tentunya tidak akan timbul masalah jika ruangan tersebut memiliki ukuran yang luas. Namun kalau ruangan Anda tidak terlalu luas, maka Anda harus memikirkan betul tentang ukuran dan bentuk sofa. Kami sangat merekomendasikan Anda memilih sofa sudut yang custom sehingga benar-benar sesuai dengan spesifikasi ruangan yang ada.
  2. Coba bayangkanlah ketika ruangan diisi dengan sofa yang berbentuk L. Anda juga bisa pakai berbagai aplikasi atau software desain rumah. Kemudian Anda bisa menentukan warna dan corak sofa tersebut. Sebisa mungkin pilihlah warna sofa yang sesuai dengan warna lantai dan warna perabotan yang ada di sekitarnya. Sofa yang berwarna cerah mungkin cocok untuk ruangan yang berukuran kecil, tetapi Anda harus mempertimbangkan anak-anak dan hewan peliharaan ya.
  3. Hitung kembali anggaran yang Anda miliki. Apabila budget Anda terbatas, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli sofa yang harganya mahal sampai harus berhutang. Anda harus menyadari bahwa tidak semua sofa sudut yang nyaman dan bagus itu harganya mahal. Sebaiknya Anda mencoba duduk di atas sofa tersebut sebelum benar-benar membelinya. Jadi Anda pun dapat menemukan sofa sudut berbentuk L yang terbaik.

tips memilih sofa modern

Sekarang marilah kita menata sofa tersebut dan menempatkannya pada posisi yang paling tepat. Kami mempunyai sejumlah kiat yang bermanfaat yang bisa Anda coba!

Tentukan Focal-Point Ruangan

Setiap ruangan mesti mempunyai sebuah focal-point, yakni titik fokus yang ingin ditonjolkan. Contoh seperti televisi, taman indoor, jendela yang besar, tungku perapian api, akuarium, dan lain-lain. Kami menyarankan Anda untuk meletakkan sofa sudut tersebut menghadap ke bagian yang menarik ini agar tercipta suasana ruangan yang bagus. Silakan Anda bisa meminta bantuan orang lain pada saat memindahkan sofa supaya bisa terangkat dengan mantap dan tidak merusaknya.

tips mempercantik sofa lama

Jangan Menempelkan ke Dinding

Kebanyakan orang meletakkan sofa di dalam ruangan secara sembarangan. Salah satu contoh yang nyata yaitu menempelkan sofa ke bagian dinding. Beberapa orang bahkan menempatkan semuanya dengan menempelkan ke dinding sehingga ruangan tampak seolah-olah mempunyai perekat. Anda hendaknya menghindari model penataan seperti ini supaya ruangan tidak terlihat membosankan. Silakan Anda bisa mencoba menarik sofa tersebut sedikit ke arah depan.

Jangan Menghalangi Lalu Lalang

Anda harus menaruh sofa pada tempat yang paling tepat. Yang paling penting ialah hindari menaruh sofa tersebut di depan pintu atau jendela karena dapat menghalangi lalu lalang serta aktivitas orang-orang di dalam ruangan. Pastikan Anda menyediakan ruang kosong sebagai alur kegiatan di ruangan. Jangan sampai deh ruang tamu atau ruang keluarga Anda justru menjadi gudang penyimpanan. Anda harus memikirkan betul bagaimana fungsionalitas, di samping penampilannya.

memilih sofa untuk ruang tamu

Lengkapi dengan Meja & Karpet

Jangan biarkan sofa sudut tampil sendirian saja. Anda harus melengkapinya dengan meja kopi yang mempunyai ukuran pas. Selanjutnya meja ini dapat Anda manfaatkan untuk menaruh berbagai alat dan perabotan untuk menyempurnakan aspek kegunaan ruangan. Jangan lupakan juga soal karpet untuk lantai ya. Bukan sekadar pemanis ruangan, karpet ini mempunyai fungsi yang krusial sebagai penghangat ruangan. Pilihlah warna dan corak karpet yang sesuai sofa sudut biar harmonis.

Hiasi Pula dengan Lampu Estetik

Satu lagi nih barang pelengkap yang harus ada di dalam ruangan untuk menemani keberadaan sofa sudut. Coba tebak apakah itu? Ya, barang yang kami maksud tersebut adalah lampu hias. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, ruangan sebaiknya didukung oleh tiga jenis pencahayaan agar tampil luar biasa. Salah satunya adalah pencahayaan hias dari lampu yang estetik. Daripada lampu gantung, kami lebih menyarankan Anda menggunakan lampu sudut yang sangat apik dipakai untuk menyempurnakan keberadaan sofa yang berbentuk L.