5 Tips Memilih Kursi Kantor yang Dapat Membuat Badan Sehat

Salah satu instrumen yang penting dari sebuah ruangan kerja adalah kursi kantor. Di atasnyalah para pegawai kantor duduk selama berjam-jam sembari menyelesaikan tugasnya. Oleh sebab itu, kursi ini harus dipilih yang mempunyai kualitas terbaik. Pastikan kursi kantor tersebut terasa nyaman supaya Anda serta para pegawai yang lainnya bisa meraih produktivitas kerja yang tinggi. Memilih kursi yang baik juga akan membuat badan Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat produktivitas karyawan akan mengalami peningkatan dengan memilih kursi kantor yang ergonomis dan nyaman. Keberadaan kursi yang sesuai untuk para pekerja kantor ini juga akan membuat kesehatan orang-orang akan tetap terjaga serta terbebas dari masalah otot dan tulang. Aspek inilah yang kemudian membuat Anda dan para pegawai yang lainnya merasa lebih bersemangat, penuh energi, dan mampu memberikan kontribusi maksimal selama bekerja.

tips memilih kursi kantor

Kiat-kiat di bawah ini dapat Anda cermati dengan sungguh-sungguh ketika membeli kursi kantor agar berhasil menemukan kursi kantor yang paling tepat dan bisa menjaga badan tetap sehat.

Ukurlah Tingkat Ketinggian Kursi Kantor

Yang pertama adalah Anda perlu memperhatikan dengan baik ukuran tinggi rendah kursi kantor tadi. Tinggi rendah kursi kantor ini penting sekali untuk diutamakan demi mendukung kenyamanan Anda serta kesehatan otot, tulang, dan sendi. Sebisa mungkin hindari memilih kursi yang berukuran terlalu tinggi karena posisi yang menggantung cukup lama akan membuat aliran darah hanya berpusat pada bagian tubuh yang terletak di atas kursi kantor saja. Jika dibiarkan terus, masalah ini tentu akan bisa mengganggu kesehatan Anda. Jadi pilihlah kursi yang dapat diatur tinggi rendahnya.

memilih desain kursi kantor

Pilih Kursi yang Memiliki Sandaran Tangan

Rekomendasi kami yaitu Anda sebaiknya memilih kursi kantor yang dilengkapi dengan sandaran di bagian tangan. Mengapa? Walaupun kelihatannya sepele, tetapi keberadaan sandaran tangan tadi akan sangat berguna untuk memanjakan tangan-tangan Anda setelah lelah harus bergerak di setiap waktu. Adanya sandaran ini akan menjadi tempat yang sangat nikmat untuk menyandarkan tangan Anda ketika merasa lelah atau pegal. Kalau bisa sih pilihlah bagian sandaran tangan yang bisa diatur tinggi rendahnya sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan posisi lengan atas.

Sandaran Badan yang Sesuai Bentuk Tulang

Kami juga menyarankan Anda untuk tak membeli kursi kantor yang memiliki bagian sandaran badan yang bentuknya rata. Sebaiknya belilah kursi yang mempunyai bentuk bagian sandaran badan yang menyesuaikan dengan bentuk tulang punggung. Dengan bentuk tersebut, Anda dapat duduk dengan nyaman meskipun posisinya berbeda-beda. Bahkan Anda juga tetap bisa duduk tegak dengan posisi sempurna serta perasaannya tetap nyaman. Tentunya bentuk sandaran badan yang sesuai struktur tulang seperti ini pasti akan menjaga kesehatan dan menghindarkan dari pegal-pegal.

cara memperbaiki kursi kantor

Posisi Dudukan dan Bantalan Kursi Kantor

Faktor selanjutnya yang mesti Anda perhatikan dengan baik adalah dudukan dan bantalan kursi tadi. Dudukan atau bantalan kursi kantor wajib terasa empuk supaya panggul Anda merasa nyaman ketika duduk berlama-lama di atasnya. Ini merupakan faktor yang mutlak dipenuhi. Jikalau memungkinkan, Anda bahkan dapat memilih produk kursi kantor yang mempunyai bentuk dan kontur dudukan yang menyesuaikan bentuk panggul sehingga Anda dapat merasakan tingkat kenyamanan yang maksimal. Cobalah Anda duduk dan menikmati kursi tersebut sebelum membelinya.

Memilih Kursi yang Dilengkapi dengan Roda

Kursi kantor memang sebaiknya berupa kursi yang mempunyai roda pada kaki-kakinya. Bukan hanya Anda bakal lebih mudah dalam memindahkan dan menata kursi tadi, tetapi juga mobilitas Anda akan benar-benar tertolong apalagi jika Anda menggunakan beberapa meja kantor sekaligus di sini. Adanya roda-roda pada kaki kursi akan membuat Anda bisa bergerak dengan bebas walaupun masih duduk di atas kursi. Jadi, Anda tidak perlu duduk, berdiri, dan duduk lagi berulang-ulang kali. Anda cukup duduk di atas kursi saja, namun tetap bisa bergerak ke berbagai tempat dengan kursi beroda ini.